Loading

Tuesday, July 19, 2011

OS Buatan Warga Tasikmalaya

Baru beberapa bulan muncul OS Garuda kini Indonesia kembali membuat OS/Sistem Operasi PC sendiri. OS buatan warga Tasikmalaya ini mendukung bahasa Sunda.

OS berbasis Debian dan turunannya Ubuntu ini nantinya akan digunakan untuk mendukung gerakan Mandalamekar Go Open Source (MGOS). OS ini pun diberi nama ‘Gethux Siga Ruyuk 1.0’.




Nama Gethux diambil dari singkatan Bahasa Inggris "get" dan "tux" yang artinya raihlah kemerdekaan. Nama ini berasosiasi dengan komunitas Gethux Linux yang sebelumnya sukses mengembangkan OS bahasa Banyumasan.

Sedangkan ‘Siga Ruyuk’ artinya ‘Versi Belukar’, karena desa ini terletak di samping hutan belukar yang masih minim infrastruktur. Sistem ini adalah wujud hasil perjuangan warga Mandalamekar yang sebelumnya sering dianggap kampungan dan terbelakang.

"Kita ingin menjadikan bahasa Sunda menjadi bahasa komputer. Bila komputer menggunakan bahasa Sunda, banyak warga yang dengan mudah menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kemampuan hidupnya," ujar Yana, yang merupakan Kepala Desa Mandalamekar.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Maaf, DEXAMAKER tidak menerima komentar dengan unsur SPAM, jadi komentarlah dengan komentar yang positif, dan bermanfaat bagi orang lain. Atas perhatiannya TERIMA KASIH.