Loading

Tuesday, December 6, 2011

Cara Backup dan Restore Komputer

 Tags: Hard Drive BACKUP and Restore, Complete Drive BACKUP and RESTORE, BACKUP and RESTORE Procedures, BACKUP and RESTORE Wizard

TIPS KOMPUTER DAN FREE SOFTWARE - Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara BACKUP dan RESTORE data. Fungsi dari BACKUP dan RESTORE data ini adalah  pada saat sistem operasi kita mengalami permasalahan yang serius maka kita hanya mengembalikan backup sistem tersebut tanpa harus melakukan proses install ulang.

Cara BACKUP dan RESTORE ini tidak memerlukan software apapun, jadi fitur ini sudah tersedia langsung pada WINDOWS 7. Sebelum melakukan BACKUP dan RESTORE pastikan KOMPUTER anda dalam keadaan sangat baik agar proses RESTORE dapat mengembalikan sistem operasi anda seperti dahulu.

CARA BACKUP :

  • Klik start, lalu pada computer pilih drive C: (tempat sistem operasi anda) lalu klik kanan. Pilih Properties =>  tools, kemudian klik BACKUP now.
  • Selanjutnya pilih "Create a system image". Setelah anda memilih"Create a system image" WINDOWS akan mencari lokasi dimana backup image ditempatkan. Anda bisa memilih dimana tempat backup yang anda tempatkan (harus berbeda dengan drive C: / drive sistem operasi anda). Anda juga bisa memilih tempat di DVD jika punya.
  • Setelah proses diatas (lihat gambar) lalu klik next. Aplikasi akan mengkonfirmasikan sistem yang akan dibackup sebelum berlanjut ke langkah berikutnya (beri tanda centang apabila ingin melakukan backup, dan jika tida ingin melakukan backup, hilangkan centang). Klik next. Proses backup sedang berjalan, lamanya proses ini tergantung seberapa besar ukuran sistem operasi anda.

CARA MEMBUAT CD RECOVERY :
  • Untuk menjalankan proses pemulihan hendaknya membuat CD RECOVERY  yang akan membantu proses restore nantinya. Untuk itu kembali ke proses "Backup and Restore". Pilih "Create a system repair disc" selanjutnya masukkan CD kosong ke optical drive. Klik next dan proses burn dimulai.
  • Setelah proses selesai, Windows akan menampilkan jendela konfirmasi agar CD recovery siap digunakan dalam proses pemulihan.
CARA RESTORE SISTEM
  • Masukkan CD recovery ke optical drive, restart komputer. Atur boot agar dimulai dari CD/DVD ROM. Nantinya akan terbuka jendela "System Recovery Options". Pilih "Restore your computer using a system image that you created" klik next.
  • Silakan cari posisi dimana file backup dibuat. Secara otomatis, sistem yang ada ditempa dengan sistem operasi dari file backup. Tunggu proses selesai dan sistem akan kembali ke posisi sedia kala.
Catatan: Cara ini akan lebih baik jika anda melakukannya setelah proses install ulang dimana telah terpasang driver dan aplikasi standar.

Semoga Tutorial  CARA BACKUP DAN RESTORE KOMPUTER dapat menambah wawasan anda.

Artikel Terkait:

4 comments:

  1. sangat perlu nih sob untuk jaga2 komputer dari hal yg tidak di inginkan,, hehe,, nice dah,, thx atas sharenya,, :D

    ReplyDelete
  2. ia sob,, kalau rusak systemnya tidak perlu instal ulang.

    ReplyDelete
  3. Gmn klo uϑα̍̍̊h di instal ulang Lƍ tp partisinya uϑα̍̍̊h bertambah.. Apakah cd recovery msh bisa di pakai..
    Misalnya wktu bikin cd recovery partisinya 2 nah skrg uϑα̍̍̊h ªdª 3
    Bisa di pakai ƍäª ɪ̣̝̇τU .͡▹ gan??

    ReplyDelete

Maaf, DEXAMAKER tidak menerima komentar dengan unsur SPAM, jadi komentarlah dengan komentar yang positif, dan bermanfaat bagi orang lain. Atas perhatiannya TERIMA KASIH.