Loading

Sunday, December 25, 2011

Tips Komputer Agar Tidak Lemot

Tips Komputer Agar Tidak Lemot - Banyak orang awam bertanya kenapa komputer lemot? Dari pertanyaan ini akan saya jelaskan tips komputer agar tidak lemot. Sebelum mempelajari tipsnya ada baiknnya anda mengetahui penyebab komputer menjadi lemot (lambat).

Banyak hal yang membuat komputer menjadi lemot, tentu hal ini dapat merugikan kita ketika akan melakukan pekerjaan penting di komputer. Berikut beberapa penyebab komputer lemot :
  • Adanya File Sampah pada harddisk membuat komputer kita terasa lebih lambat dari biasannya hal ini terjadi karena kita sering kali memakai aplikasi yang tidak terlalu penting, adanya file temporary (.TMP), cookies pada internet files. Meskipun file sampah ini pada umumnnya jumlahnya sedikit, tetapi dampaknya akan terasa ketika sisa harddisk anda menyisakan beberapa MB.
  • Virus pada komputer anda juga merupakan faktor penyebab komputer anda lemot, karena pastinya virus tersebut akan menjalankan perintah sendiri pada komputer kita dan membuat RAM menjadi bekerja lebih keras.
  • Hardware yang sudah cukup lama, dan kotor akan memperlambat kinerja komputer karena hardware akan susah bekerja apabila kondisinnya tidak memungkinkan.
  • Panas yang berlebihan atau Overheating pada komputer membuat hardware bekerja ekstra keras.
  • Startup yang terlalu banyak.
  • Banyaknya Software dan aplikasi yang berjalan, saat komputer dinyalakan.
  • Hardware yang tidak memenuhi kapasitas minimum Sistem Operasi.
Nah, diatas tadi sudah dijelaskan mengenai penyebab komputer lemot, sekarang kita akan belajar untuk mengatasi komputer lemot.

Tips Komputer Agar Tidak Lemot :
  • Matikan program startup yang tidak perlu dengan cara klik start - pada kotak search, ketik msconfig, akan muncul jendela system configuration - pilih tab startup - silakan centang/disable startup yang tidak perlu.
  • Update Antivirus anda, dan hilangkan semua Virus yang ada.
  • Gunakan software Tuneup Utilities (Gunakan sistem turbo Mode) dan CCleaner (software untuk menghapus file sampah).
  • Kurangi proses yang mengurangi kinerja memori anda dengan cara tekan Ctrl Alt del secara  bersamaan - pilih Start Task Manager - pilih Tab Processes - pastikan anda tau yang mana file yang ingin anda hentikan processnya - jika sudah pilih End Process.
  • Hapus semua file yang ada di folder Prefetch, carannya buka My Computer - pilih directory dimana anda menginstall Sistem Operasi (umumnnya pada Drive C:) - Cari folder windows, lalu masuk - cari folder Prefetch - buka folder Prefetch dan hapus semua file yang ada dalam folder Prefetch dengan cara tekan Ctrl Shift Del secara bersamaan untuk menghapus file secara permanen.
  • Uninstall aplikasi yang tidak terpakai.
  • Upgrade Hardware anda, terutama RAM (kalau bisa 4GB).
  • Defrag semua Drive anda dengan cara buka My Computer - pilih drive yang akan di defrag - klik kanan -  pilih properties - selanjutnnya pilih Tools - kemudian pilih Defragment Now - jika sudah pilih Defragment Disk.
  • Clean Up Drive anda, caranya hampir sama seperti diatas, tapi pada properties, pilih General - lalu pilih Disk Cleanup - Tunggu proses scanning selesai - pilih file yang akan dibersihkan - klik OK.
Sekian Tips Komputer Agar Tidak Lemot dari Tips Komputer dan Free Software dan semoga dapat mengatasi komputer anda agar tidak lemot lagi.

Tags: mengatasi komputer lemot, tips komputer lemot, kenapa komputer lemot, komputer jadi lemot, penyebab komputer lemot, mengatasi komputer lemot, mengatasi komputer/laptop yang lemot, penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya, tips komputer agar tidak lemot, mengapa komputer bekerja lambat, lemot, berat, makin lama PC semakin berat, komputer tiba-tiba lambat atau lemot, cara mempercepat komputer, tips ringan percepat komputer, merawat komputer agar tidak lemot, penyebab sistem komputer lambat

Artikel Terkait:

6 comments:

Maaf, DEXAMAKER tidak menerima komentar dengan unsur SPAM, jadi komentarlah dengan komentar yang positif, dan bermanfaat bagi orang lain. Atas perhatiannya TERIMA KASIH.